Breaking News
Loading...
Selasa, 03 November 2015

Peluang Usaha Jual Minuman Coklat

Saat ini banyak sekali penjual minuman di pinggir jalan, mulai dari yang biasa hingga yang ikut franchise. Mungkin yang ikut franchise memang punya beberapa kelebihan seperti sudah dikenal dan memiliki desain branding yang cukup keren. Memang biaya untuk membuat branding itu tidak murah lho, butuh puluhan juta. Meskipun begitu, rasa dari minuman franchise bisa saja kalah dengan penjual biasa.

Apakah anda ingin lebih tahu tentang peluang usaha ini? Apabila tertarik, anda harus baca sampai selesai, karena ada perhitungan kasar yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk mencoba terjun di usaha ini.

Salah satu peluang usaha kuliner yang populer dan menggiurkan adalah menjual minuman coklat. Kini bisa dengan mudah ditemui di berbagai macam tempat usaha minuman coklat. Coba anda rasakan dan takar, berapa harga minuman coklat yang ada? Harganya berkisar dari 5 ribu hingga belasan ribu. Tahukah anda bahwa keuntungan dari minuman semacam itu sangat besar?

usaha Minuman Coklat
Minuman Coklat

Perhitungan Biaya Usaha Minuman Coklat

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat segelas (230cc) minuman coklat yang enak .
  1. 1 sdt bubuk coklat (4gr)
  2. 2 sdm susu kental manis (20gr)
  3. 1 sdt gula pasir (gr)
  4. Gelas plastik
Hitungan kasar dari bahan baku diatas antara lain sebagai berikut.

Saya ambil contoh harga bubuk coklat yang enak adalah 120rb untuk 1 kg. Apabila kita menggunakan 1 sendok teh berarti kita bisa membuat sekitar 250 gelas. Untuk itu kita juga memerlukan gula sebanyak 1 kg yang saya asumsikan harganya adalah 15rb untuk 1 kilo nya.

Sedangkan untuk 2 sdm susu kental manis sekitar 20gr. Satu kaleng susu kental manis dengan berat 350gr adalah 12rb. Jadi untuk membuat 250 gelas membutuhkan sekitar 15 kaleng yang apabila di total adalah 180rb. Untuk gelasnya anggap saja 250 rupiah untuk 1 gelasnya, jadi apabila dikalikan 250 menjadi 62.500.

Apabila semua bahan dijumlah, perhitungannya kurang lebih sebagai berikut ini
  • Bubuk Coklat 1 kg Rp 120.000
  • Susu Kental Manis 15 kaleng Rp. 180.000
  • Gula 1 Kg Rp. 15.000
  • Gelas Plastik 250 x 250 Rp. 62.500
Total dari semua pengeluaran tersebut sekitar Rp. 377.500 sehingga harga pokok produksi untuk 1 gelas minuman coklat kurang lebih adalah 1510. Anggap saja dengan kebutuhan lain-lain (es batu, dan bahan lainnya) menjadi Rp. 2500 untuk 1 gelasnya. Anda bisa menjual 1 gelas tersebut dengan harga 5 ribu rupiah. Keuntungan anda 1000% dari Harga pokok produksi. 


Peluang Usaha Jual Minuman Coklat

Bagaimana rincian kasar dari perhitungan diatas? Cukup menggiurkan bukan untuk mencoba usaha minuman coklat? Kenapa coklat? Karena coklat selain punya banyak penggemar juga bisa dinikmati dalam bentuk es maupun minuman panas. Sehingga ketika musim hujan maupun kemarau bisa disesuaikan dengan menunya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer