Breaking News
Loading...
Senin, 22 Juni 2015

Peluang Usaha Tanpa Modal untuk Mahasiswa

Kamu mahasiswa yang sedang merantau di kota untuk menempuh kuliah? Aku pernah juga kok. Kadang uang saku yang dikasih sama orang tua sih kurang, bener nggak? Nah dari situ aku kadang mikir, gimana ya caranya dapat uang tambahan supaya enggak minta terus ke orang tua. Setelah mencari inspirasi akhirnya aku dapet deh ide usaha tanpa modal untuk mahasiswa. Mau tahu apa aja usahanya?

Kalau kamu mahasiswa teknik informatika, mungkin bisa cek tulisan tentang peluang usaha mahasiswa teknik informatika yang udah ditulis kapan hari. Karena di postingan ini sifatnya general, jadi mahasiswa jurusan apapun sepertinya bakal bisa menjalankannya tanpa harus mengganggu jam kuliah.

Mahasiswa Kreatif dengan Jadi Guru Les Private

Kerja Sampingan Mahasiswa Menjadi Guru Les
Kerja Sampingan Mahasiswa Menjadi Guru Les

Tidak bisa dipungkiri kalau di kota-kota besar, jasa guru private memang dibutuhkan oleh banyak orang tua. Apabila kamu mahasiswa kreatif, tentunya kamu bisa melihat peluang usaha yang sudah jelas di depan mata ini. Tinggal kamu berani enggak untuk action menjadi guru les.

Biasanya bayaran untuk mahasiswa yang menjadi guru les antara 30 - 50ribu untuk sekali datang dengan lama durasi les sekitar 2 jam. Beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan tentang harga menjadi guru les private antara lain sebagai berikut
  1. Jarak dari tempatmu tinggal ke rumah peserta les. Usahakan jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus / kos-kosanmu sehingga kamu enggak terlalu capek buat ngelesi dan deket kalau mau ke kampus maupun kembali ke rumah.
  2. Jenjang sekolah peserta les private. Apabila peserta merupakan anak SD tentu harganya lebih murah dibandingkan dengan anak SMA. Saranku sih, ambil yang aman aja. Kalau kamu enggak terlalu pinter di pelajaran SMA lebih baik ambil les private untuk anak SD maupun SMP.

    Daripada kamu maksain ngelesin anak SMA ternyata waktu ngelesi kamu enggak bisa bantu sama sekali. Kan malah repot, yang ada malah dapat semprot. Bener nggak
Mungkin dua faktor diatas yang paling menentukan berapa harga yang kamu bandrol untuk memberikan les private.

Selain membuka LBB (lembaga bimbingan belajar) secara mandiri, kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar dari LBB yang sudah ada. Mereka biasanya sudah punya beberapa peserta didik sehingga kamu enggak perlu bingung nyari sendiri.

Banyak lho mahasiswa yang punya kerjaan sampingan menjadi guru les. Mungkin kamu bisa mencoba seperti mereka.

Kerja Sampingan Jadi Operator Warnet

Selain menjadi guru les, kamu juga bisa mencoba menjadi operator warnet. Ini merupakan salah satu pekerjaan sampingan mahasiswa yang bener-bener menguntungkan. Kok bisa? Iya bisa dong, karena kamu enggak perlu lagi bayar warnet untuk internetan. Apalagi kalau tugas-tugasmu kebanyakan dicari di internet.

Sayangnya untuk jenis pekerjaan ini biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Karena menjaga warnet ada shiftnya. Apalagi sekarang warnet juga sudah kurang digemari lagi, karena kebanyakan orang menggunakan smartphone maupun berlangganan internet sendiri dirumah.

Namun apabila memang ada lowongan sebagai operator warnet, enggak ada salahnya untuk dicoba.

Semoga kedua ide usaha untuk mahasiswa yang enggak ada modal diatas bisa membantu temen-temen mahasiswa yang sedang ada dikota untuk mencari sumbel penghasilan baru supaya tidak terlalu merepotkan orang tua yang ada di kampung halaman.


Sumber ; https://www.flickr.com/photos/jimmiehomeschoolmom/3968018385/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer