Breaking News
Loading...
Minggu, 08 Maret 2015

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Teknik Informatika

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Teknik Informatika - Saat ini teknologi informasi berkembang dengan cepat, banyak kampus yang membuka jurusan teknik informatika untuk memenhi kebutuhan masyarakat akan dunia informatika. Sehingga tidak heran kalau jurusan teknik informatika banak diminati pelajar yang baru lulus dari SMA, karena memang peluang usahanya cukup besar dan menggiurkan.

Usaha Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

Sebagai mahasiswa teknik informatika, ada banyak peluang usaha selain berkerja di perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Apalagi jurusan informatika sebenarnya tidak membutuhkan gelar apapun untuk bekerja, yang terpenting adalah kemampuannya. Bahkan mahasiswa teknik informatika ini bisa memulai usaha sejak duduk di bangku kuliah, berikut peluang usaha bagi mahasiswa teknik informatika yang cukup menguntungkan.

Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa Teknik Informatika

usaha sampingan mahasiswa teknik informatika
usaha sampingan mahasiswa teknik informatika
Sebenarnya ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, namun pada tulisan kali ini saya ingin berbagi usaha yang paling cocok dengan jurusan teknik informatika karena untuk terjun di bidang ini membutuhkan ilmu yang di dapatkan saat kuliah di jurusan ini. Penasaran dengan peluang usaha apa yang terbuka lebar untuk para mahasiswa teknik informatika? Simak ulasannya berikut ini

Membuka Jasa Pembuatan Website dan Toko Online


Saat ini, jasa pembuatan website dan toko online kian menjamur. Sebagai mahasiswa yang kreatif anda harusnya bisa melihat peluang bisnis tanpa modal dengan untung yang besar ini. Karena yang dibutuhkan dalam pembuatan website dan toko online adalah kemampuang programming web. Materi ini harusnya sudah diketahui oleh para mahasiswa informatika. 

Dengan latar belakang pendidikan teknik inforamtika harusnya anda bisa memiliki nilai lebih dibandingkan penyedia jasa pembuatan website yang lain. Itu adalah nilai plus yang bisa anda tawarkan terhadap konsumen yang menggunakan jasa anda. Sehingga mereka benar-benar puas dengan apa yang anda kerjakan. Sehingga setelah lulus apabila memang bisnis online ini cocok untuk anda lanjutkan, anda tinggal melanjutkan saja. Tidak perlu melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Di era teknologi seperti ini banyak orang yang membutuhkan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi ini juga benar-benar menggiurkan, karena tidak membutuhkan modal besar. Cukup sisihkan waktu anda untuk membuat aplikasi pesanan konsumen.

Berikut beberapa jenis aplikasi yang sering dicari banyak orang adalah
  • Aplikasi Akutansi
  • Aplikasi Menejemen barang
  • Aplikasi kasir
  • Aplikasi di android
  • dan masih banyak lagi
Untuk membuka jasa pembuatan aplikasi anda harus benar-benar memahami pemrograman aplikasi. Memang lebih sulit jika dibandingkan dengan membaut website yang cenderung mudah, Namun keuntungan dari membuka jasa pembuatan aplikasi ini juga cukup besar meski kita hanya membutuhkan skill.

Menjadi Programmer Freelance / Paruh Waktu

Jika anda tidak bisa membuat aplikasi sendiri namun memiliki kemampuan untuk membuatnya, anda bisa coba mencari perusahaan yang mencari pekerja freelance / paruh waktu yang dibayar untuk setiap project yang dikerjakannya.

Karena kalau harus menangani client memang cukup sulit untuk menejemennya. Apabila anda bergabung dengan perusahaan pembuat aplikasi setidaknya anda akan lebih mudah untuk bekerja, karena tidak membutuhkan banyak menejemen, anda tinggal mengerjakan apa yang sudah diperintahkan oleh perusahaan tersebut. Untuk negosiasi dan kecerewetan customer ditangani oleh perusahaan yang anda ikuti.

Banyak kok perusahaan yang mencari pekerja lepas / freelance programmer seperti ini, karena untuk efisiensi biaya juga sih. Apalagi kalau anda punya portofolio project aplikasi yang benar-benar keren. Anda bisa dengna mudah mendapatkan pekerjaan freelance.

Ide Usaha untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Mungkin ketiga ide usaha diatas merupakan peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa
informatika. Meski sebenarnya ada jasa lain yang biasa ditawarkan oleh mahasiswa, nanti saya akan coba bahas pada tulisan yang lain. Manfaatkan apa yang anda dapatkan saat kuliah di informatika untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Lumayan lho, dengan mendapatkan penghasilan tambahan anda tidak perlu lagi terus meminta uang saku ke orang tua. Bahkan bisa membantu orang tua yang mungkin sedang menyekolahkan adik anda.

Semoga tulisan tentang peluang usaha bagi mahasiswa teknik informatika ini bisa memberikan pandangan peluang usaha yang bisa anda coba.

sumber gambar : https://www.flickr.com/photos/calvin-crest/124402853/in/photostream/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer